Minggu, 31 Maret 2013

Cara Seting Dan Reset Modem Speedy terbaru TP-Link TD-W8151N

TP-Link TD-W8151N
Seperti yang sudah saya janjikan pada artikel sebelumnya, kali ini saya akan berbagi tutorial cara setting maupun cara reset modem Speedy TP-Link TD-W8151N. Seharusnya sebagai pemilik modem Speedy, anda diharuskan bisa mengatasi masalah kalau hanya cuma setting modem, dalam arti setting user name dan password modem. Jadi jika suatu saat modem anda error atau tidak bisa konek ke Internet maka anda tidak perlu susah payah mendatangkan teknisi Speedy ke rumah jika kerusakan hanya terletak pada setingan yang berubah. Belum tentu juga teknisi Speedy bisa langsung datang, paling juga besoknya baru datang.

Trus pertanyaannya, kenapa kok sampai modem diseting ulang, padahal kan sebelumnya sudah disetingkan oleh teknisi Speedy? Biasanya modem perlu diseting ulang setelah kita mereset modem. Nah setahu saya, reset modem terjadi ada 3 penyebab (kalau kurang mohon ditambahkan ya).


1. Pada waktu listrik tiba-tiba mati, kemudian setelah listrik nyala kembali tiba-tiba modem sudah tidak bisa konek Internet. Sudah dihidupkan matikan tetap saja tidak mau konek. Ini saya sudah pernah mengalaminya sendiri. Nah setelah saya lihat disetingannya ternyata user name dan password Speedy nya sudah tidak ada alias menghilang. Kok bisa? Kesimpulan saya sih mungkin listrik mati mendadak bisa juga menyebabkan modem TP-Link TD-W8151N ini bisa mereset sendiri. Jika anda memiliki masalah yang sama seperti saya, setelah listrik mati modem Speedy tidak bisa konek Internet berarti modem anda mereset sendiri.

 2. Kemudian reset modem terjadi pada saat modem tidak bisa konek ke Internet (bukan karena listrik mati), melainkan tiba-tiba saja modem tidak mau konek ke Internet. Biasanya jalan yang ditempuh adalah mereset modem. Setelah reset modem otomatis kita harus setting kembali dengan memasukkan user name dan password Speedy kita kan. Kebanyakan setelah proses reset ini maka modem akan berjalan normal lagi, bisa konek ke Internet.

3. Reset modem terjadi bila saja kita lupa akan IP modem. Kalau lupa IP modem otomatis kan tidak bisa masuk ke admin panel modem. Ini biasa terjadi pada modem yang sebelumnya sudah diubah IP address nya. Biasanya dilakukan pada mereka yang menggunakan router, sehingga IP modem disesuaikan dengan IP public router. Bisa saja kan suatu saat lupa IP address, salah satu cara ya direset tadi agar IP modem kembali ke IP default modem. Atau bisa juga anda hafal IP modem tetapi lupa password admin panel, nah sama saja tidak bisa masuk ke admin panel modem. Saran saya sih sebaiknya IP modem, user name maupun password admin jangan sampai diubah, biarkan secara default saja.

Sekarang bagaimana cara reset modem Speedy TP-Link TD-W8151N ini? Di bagian belakang kan ada port-port buat LAN, ADSL, adaptor, dan juga ada tombol reset yang letaknya agak ke dalam. Perhatikan gambar dibawah ini :

TP-Link-TD-W8151N-tampak-belakang
Jika anda ingin merest, anda memerlukan alat yang runcing (misal pulpen) untuk menusuk tombol reset. Dalam keadaan modem Speedy masih hidup, tekan tombol reset menggunakan pulpen selama kurang lebih 8-10 detik, kemudian lepaskan. Tunggu hingga lampu modem nyala semua.

Setelah ini baru kita masuk ke panel admin modem untuk melakukan seting ulang user name dan password, caranya adalah sebagai berikut.

1. Hubungkan modem Speedy ke komputer menggunakan kabel LAN. Buka browser Mozilla Firefox atau Google Chrome, ketikkan di address bar IP default modem TP-Link TD-W8151N yaitu 192.168.1.1 kemudian tekan enter maka akan muncul jendela untuk memasukkan user name dan password, default user name dan password nya adalah admin.

LOG IN

Selanjutnya anda Klik Menu INTERFACE SETUP, Maka tampilanya akan seperti Gambar dibawah ini :

Interface Setup (Internet)
Interface Setup (Internet)
Berikut adalah tampilan setting wireless

setting wireless 1

SSID = Nama access Point yang kita inginkan
Authentication Type = Jenis Security Access Point ( Protect Password Access Point)

setting wireless 2

Encryption = Mode Password Access Point 
Pre-Shared Key = Password yang kita inginkan ( Minimal 8 Digit ) 

Jika Settingan anda benar akan tampak seperti gambar sepertidibawah ini pada tab STATUS-DEVICE INFO

STATUS-DEVICE INFO

Selanjut nya coba buka Aplikasi Browser anda & beri Komentar pada http://bukoonet.blogspot.com Hahaha.... hahaha.... hahaha


 Teima Kasih.

2 komentar:

  1. bos pas saya ko ga bisa pake pas admin trus g mana caranya

    BalasHapus
  2. kalau username sama password sudah d rubah sama teknisi speedy saat pertama kali pemasangan, itu gimana,,apakah setelah kita tekan tombol reset, username sama password akan kembali menjadi "admin"....???????

    mohon pencerahannya

    BalasHapus

Entri Populer

Google+ Followers